Hello Kitty Winking Pointer

ILMU KIMIA PENTING LO,,

SELAMAT DATANG

Senin, 11 Februari 2013

MENGENAL KHASIAT BAWANG PUTIH

MENGENAL KHASIAT DARI  BAWANG PUTIH
 
Pasti tidak asing lagi anda dengar nama Bawang Putih .Saya pun merasa sudah tidak asing dengan bumbu dapur yang satu ini karena digunakan sebagai bahan dasar dari setiap masakan,Terutama bagi orang Asia.Tapi bawang putih juga diketahui berkhasiat sebagai obat.Benarkah semakin tajam aromanya maka umbi seribu khasiat ini semakin berkhasiat saja.Apa salahnyaa jika member bumbu bawang putih lebih banyak pada setiap menu masakan anda.

KANDUNGAN GIZI Dan KHASIAT KESEHATAN

Boleh dikatakan bahwa anggota family bawang – bawangan (Allium) yang dimanfaatkan dalam masaka memiliki khasiat obat, misalnya bawang merah,bawang putih, bawang prei, kucai, bawang daun. Namun khasiatnya tidak sekuat bawang putih.

Senyawa utama yang didapatkan dalam bawang putih adalah aliin.ketika bawang putih dimemarkan / diiris / dihaluskan, zat terurai. Dengan dorongan enzim alinase,aliin terpecah menjadi alisin,ammonia, dan asam piruvat. Bau Tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang.Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara,sebab ammonia mudah menguap.

Beberapa khasiatnya yang sudah tercatat adalah menyeimbangkan kadar lemak darah (kolesterol dan trigeliserida),membersihkan penyumbatan pembuluh darah sehingga terjadinya stroke dan serangan jantung dapat dihambat, mengobati nyeri sendi, dan menegarkan darah dengan mendorong terbentuknya sel-sel darah baru.

Ternyata bawang putih juga bisa menghambat penuaan dini, kesehatan merosot dan antioksidan yang dapat membasmi radikal bebas dalam tubuh.Unsur germanium yang terkandung didalamnya mampu membasmi sel-sel yang tumbuh secara berlebihan dan dicurigai sebagai koloni sel kanker.

KOMPOSISI UNSUR GIZI BAWANG PUTIH

Komposisi unsure gizi per 100 gram sbb:
Energy
112
Kalori
Protein
4,5
g
Lemak
0,2
g
Karbohidrat
23,1
g
Kalsium
4,2
mg
Fosfor
134
mg
Zat besi
1,0
mg
Vitamin B1
0,22
mg
Air
71
g


Memilih Bawang Putih

Bawang putih sering dipakai di dapur hanyalah salah satu dari banyak varitas bawang putih. Ada yang warna kulitnya keungu-unguan, dan ada yang bersemu merah muda.Yang popular adalah yang berwarna putih,yaitu yang kita pakai sehari – hari didapur kita.

Baiasanya saat umbi terdiri 12 sampai n16 siung yang mengelompok.tetapi ada yang berumbi tunggal,, hanya terdiri dari satu suing.Namanya bawang tunggal atau bawang lanang ( bahasa jawa). Bawang tunggal ini biasanya dijadikan acar. Bawang tunggal juga dipercaya lebih berkhasiat sehingga sering dikonsumsi mentah untuk menurunkan hipertensi.

Bagaimana memilih bawang putih yang baik ? Varitas apapun yang anda beli, pilihlah umbi mulus dan kulitnya kering. Umbi yang siungnya kecil aromanya lebih kuat. Dalam keadaan kering,bawang putih tahan  disimpan hingga berbulan – bulan,asal ditaruh ditempat yang kering dan adem anyem.Jangan disimpan di dalam lemari es, karena akan tumbuh daun. Jika udara terlalu panas , bawang putih akan cepat dan berbubuk abu- abu atau rusak.
 

4 komentar:

  1. bawang putih enak tapi enakan bawang merah ya

    do you want to follow each other?
    visit my blog ^^
    www.luchluchcraft.blogspot.com

    BalasHapus
  2. sangat informatif, nice blog...

    follow sukses, folback ok...!!

    BalasHapus