Hello Kitty Winking Pointer

ILMU KIMIA PENTING LO,,

SELAMAT DATANG

Rabu, 18 Desember 2013

WACANA LARUTAN PENYANGGA



LARUTAN PENYANGGA

Seorang siswa bernama Budi, pergi ke rumah sakit menjenguk adiknya. Saat di rumah sakit, Budi melihat adiknya sedang disuntik oleh dokter, kemudian dia bertanya kepada dokter. “Dok, mengapa obat suntik masuk ke dalam tubuh tidak menyebabkan orang itu kejang-kejang atau tubuhnya panas?”. Dokter menjawab bahwa pH obat suntik harus disesuaikan dengan pH darah agar tidak terjadi asidosis atau alkalosis pada darah. Perubahan pH akan menyebabkan khasiat zat aktif dalam obat-obatan akan terus berkurang atau hilang sama sekali. Berbagai zat yang masuk ke dalam tubuh kemudian diserap oleh darah, akan sangat mempengaruhi harga pH darah. Dengan adanya sistem penyangga pH(buffer), perubahan pH darah yang drastis, baik penurunan atau kenaikan pH darah dapat dicegah.
Peristiwa di rumah sakit membuat Budi penasaran dengan buffer. Apa itu buffer? Bagaimana cara kerjanya? Bagaimana membuatnya? Adakah fungsi buffer yang lain?. Karena  pertanyaan itu tidak dapat jawabannya, maka dia mencoba mengambil laptopnya dan mencoba bertanya dengan mbah google.
Menurut mbah google Larutan penyangga, larutan dapar, atau buffer adalah larutan yang digunakan untuk mempertahankan nilai pH tertentu agar tidak banyak berubah selama reaksi kimia berlangsung. Sifat yang khas dari larutan penyangga ini adalah pH-nya hanya berubah sedikit dengan pemberian sedikit asam kuat atau basa kuat.Larutan penyangga tersusun dari asam lemah dengan basa konjugatnya atau oleh basa lemah dengan asam konjugatnya. Reaksi di antara kedua komponen penyusun ini disebut sebagai reaksi asam-basa konjugasi.Larutan penyangga berdasarkan komponen penyusunnya dikelompokkan menjadi 2, yaitu : (1) Larutan penyangga asam , berfungsi mempertahankan pH < 7 (2) Larutan penyangga basa ,berfungsi mempertahankan pH > 7.
Kemudian juga budi tertarik untuk mengetahui apa saja peranan dan fungsi dari larutan penyangga, setelah membuka beberapa blog di google budi menemukan informasi tentang peranan  larutan penyangga dalam kehidupan manusia.Dalam dunia kosmetik,manfaat dari larutan penyangga contohnya pada sampo, larutan penyangga digunakan untuk menjaga kebasaan supaya tidak mencederai mata dan pada lotion bayi, menjaga pH supaya tetap 6 untuk mencegah perkembangbiakan bakteri.
Dalam dunia kesehatan, larutan penyangga berfungsi menjaga kadar pH cairan dalam tubuh, larutan penyangga dalam darah, dan air ludah sebagai larutan penyangga. Dalam bidang pertanian larutan penyangga sebagai menjaga kesetimbangan pH tanaman.Masih banyak lagi fungsi larutan penyangga lainnya.
Setelah membaca dan membahas tentang larutan penyangga , Budi menjadi tahu banyak hal terkait larutan penyangga. Serta banyak informasi dan hal-hal baru yang dia ketahui tentang larutan penyangga.
                                                                                                                             




Tidak ada komentar:

Posting Komentar