Hello Kitty Winking Pointer

ILMU KIMIA PENTING LO,,

SELAMAT DATANG

Rabu, 18 Desember 2013

Mengidentifikasi Kepolaran Senyawa


Obeservasi : Kepolaran dalam ikatan kimia adalah suatu keadaan dimana distribusi penyebaran elektron tidak merata atau elektron lebih cenderung terikat pada salah satu atom. Kepolaran erat kaitannya dengan keelektronegatifan dan bentuk molekul. Senyawa polar memiliki perbedaan keelektronegatifan yang besar, perbedaan harga ini mendorong timbulnya kutub-kutub listrik yang permanen. Senyawa nonpolar memiliki perbedaan keelektronegatifan yang kecil, perbedaan keelektronegatifannya = 0.

Tujuan : Mengetahui suatu larutan bersifat polar atau nonpolar.
Alat

       1. Plastik Bungkus Es

           2. Corong

           3. Magnet

           4. Gelas biasa/ Mangkok

Bahan :

           1. Air

           2. Alkohol

           3. Minyak goreng

Cara Kerja :

  1. Isi plastik bungkus es dengan air secukupnya.

  2. Mintalah bantuan dengan teman untuk memegang   bungkus es tersebut.

 3. Alirkan air dari plastik bungkus es ke dalam gelas/ mangkok dan dekatkan magnet pada aliran air tersebut. Amati apa yang terjadi.
  4. Ulangi langkah 1-4 diganti dengan bahan alkohol dan minyak goreng.
Tabel Pengamatan 
1.alkohol, HCl, PCl3, H2O, N2O5, NH3, PCl3, H2O, HCl, HBr

2.     Cl2, PCl5, H2, N2, F2, BR2, O2, H2.
3A)
HCL :
Berdasarkan susunan ruang atomnya molekul HCL , atom H dan Cl sama-sama menarik pasangan elektron, tetapi keelektronegatifan Cl lebih besar daripada atom H.
Akibatnya atom Cl menarik pasangan elektron ikatan (PEI) lebih kuat daripada atom H sehingga letak PEI lebih dekat ke arah Cl (akibatnya terjadi semacam kutub dalam molekul HCl , sehingga HCL bersifat polar, karena jika digambarkan ikatan polar sebagai vektor maka molekul HCL resultan vektornya tidak sama dengan nol . Dalam percobaan ini pun dapat diketahui bahwa aliran larutam HCL tertarik oleh magnet yang bermuatan listrik  , ini menandakan bahwa HCL memiliki sifat polar.
B)   Air(H2O) : Berdasarkan susunan ruang atomnya molekul H2O berbentuk tidak simetris. Elektron tidak tersebar merata. Dalam molekul H2O pusat muatan (pol) negative terletak pada atom O , sedangkan pol positif terletak diantara atom H , sehingga Air bersifat polar, karena jika digambarkan ikatan polar sebagai vektor maka molekul H2O resultan vektornya tidak sama dengan nol . Dalam percobaan ini pun dapat diketahui bahwa aliran Air (H2O) tertarik oleh magnet yang bermuatan listrik  , ini menandakan bahwa Air memiliki sifat polar.
C) Etanol disebut juga etil alkohol, alkohol murni, alkohol absolute atau alkohol saja adalah sejenis cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, tak berwarna, dan merupakan alkohol yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat alkohol dialirkan, medan listrik yang dihasilkan oleh magnet mengakibatkan pembelokan etanol ke arah medan listrik terebut. Hal ini membuktikan bahwa alkohol termasuk ke dalam kovalen polar yang tentu dapat menarik elektron dari magnet.
4) Cl4 Berdasarkan susunan ruang atom molekul CCl4 berbentuk simetris, 4 atom Cl tersebar di sekitar atom C secara merata 4 arah. . Elektron tersebar merata, sehingga dapat disimpulkan bahwa molekul CCl4 bersifat nonpolar. Dalam percobaan ini pun dapat diketahui bahwa aliran larutan CCl4 tidak dapat tertarik oleh magnet yang bermuatan listrik  , ini menandakan bahwa CCl4 memiliki sifat nonpolar.
 KESIMPULAN 
         Suatu larutan dikatakan bersifat polar apabila larutan tersebut tertarik saat didekatkan dengan medan listrik sedangkan suatu larutan dikatakan bersifat non polar apabila larutan tersebut tidak tertarik saat didekatkan dengan medan listrik. Perbedaan keelektronegatifan Senyawa yang ion-ionnya membentuk 2 kutub dengan muatan yang berlawanan (δ+ danδ-) menyebabkan terbentuknya suatu dipol. Semakin besar perbedaan keelektronegatifan atom-atom dalam suatu molekul, menyebabkan molekul tersebut bersifat semakin polar.
TUGAS ANAK X_4 SMAN1 PALANGKA RAYA
Tugas dari guru PPL SMAN - 1 
Noor Eka Indah Sari
Mahasiswa universitas Palangka Raya
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar